Toko ATK Murah Jual stationery perlengkapan sekolah grosir

klik untuk bertanya seputar alat tulis

Chat with us

Admin 1

Chat with us

Admin 2

Agen Alat Tulis Kantor (ATK) di Jakarta

Agen Alat Tulis Kantor (ATK) | Supplier Perlengkapan Stationery Sekolah | Toko Bina Mandiri Stationery Jakarta Pusat

Merawat Alat Tulis Sekolah Agar Tidak Mudah Hilang atau Rusak

 

Merawat alat tulis sekolah merupakan hal yang nggak mudah dilakukan oleh anak-anak selain mengerjakan tugas atau pekerjaan rumah yang menumpuk. Pada anak-anak usia sekolah dasar, mereka cenderung menaruh peralatan dengan seenaknya. Selesai mengerjakan tugas atau PR, peralatan tulis akan di tinggal begitu saja tanpa dikembalikan ke tempat semula. Sehingga selain akan timbul masalah, alat-alat tulis menjadi sulit ditemukan kembali, terkadang peralatan tulis menjadi rusak karena terinjak atau terkena air.

 

Istilah lainnya akan menjadi mubazir jika sampai hal tersebut terjadi. Padahal alat-alat tulis sangatlah penting kegunaannya dan harus benar-benar dirawat dengan disiplin agar tidak boros. Ajari dan disiplin kan anak dalam hal perawatan alat tulis dan perlengkapan sekolahnya sehingga dia terbiasa bersikap disiplin dan lebih menghargai pemberian orang lain. Berikut ini adalah beberapa jenis alat tulis yang sering digunakan di sekolah:

 

  1. Pensil.

Pensil adalah alat tulis yang terbuat dari grafit sebagai mata atau lead pensil, sedangkan pelapis nya adalah kayu. Cara penggunaannya adalah dengan menajamkan mata pensil dengan rautan atau cutter/pemes. Sebisa mungkin pensil jangan sampai jatuh ke lantai atau benda keras lainnya karena biasanya dapat menyebabkan bagian inti atau lead pensil menjadi lebih mudah patah meski diraut berkali-kali. Selain itu lebih baik gunakan rautan daripada pemes atau cutter dalam menajamkan inti pensil agar hasil yang didapat lebih rapi.

 

  1. Pulpen.

Pulpen adalah alat tulis yang menggunakan tinta untuk dapat digunakan menulis, ada berbagai macam merek pulpen yang berkualitas, namun cara perawatannya semua sama dan sebenarnya sangat mudah dan hampir sama dengan perawatan pensil. Yaitu sebisa mungkin jangan sampai jatuh ke lantai atau medan keras lainnya karena dapat menyebabkan isi pulpen menjadi macet-macet ketika digunakan. Segera tutup pulpen setelah selesai digunakan untuk menghindari tinta pulpen tidak meluber dan masih tetap nyaman digunakan.

 

  1. Buku.

Buku merupakan alat tulis sekolah yang cukup boros penggunaannya, bahkan sering kali hilang atau rusak. Hilang dikarenakan peletakannya yang sembarangan atau tertukar dengan teman yang lain kemudian rusak karena tersiram air atau disimpan di tempat yang lembab. Cara perawatannya tentu saja adalah dengan memberi sampul plastik dan memberi label identitas berupa nama, nomor absen dan kelas agar tidak mudah tertukar dengan lainnya. Simpan buku-buku di rak atau tempat yang sudah disediakan agar tidak mudah rusak terkena lembab atau jamur.

 

  1. Spidol.

Sama seperti pulpen mekanisme kerja spidol yaitu menggunakan tinta untuk dapat digunakan menulis, hanya saja pulpen menggunakan mata yang terbuat dari logam sedangkan spidol menggunakan semacam busa sebagai alat untuk menyerap tinta dan menyimpannya. Sama dengan pulpen, cara perawatan spidol adalah dengan menutup rapat setelah digunakan agar tidak menjadi kering atau mengenai perlengkapan sekolah lainnya misalkan tas atau seragam.

 

Dari sekian banyak alat tulis sekolah, akan sia-sia jika dalam perawatannya, Anda tidak melibatkan anak-anak. Sebisa mungkin ajari anak untuk mulai menyimpan peralatannya sendiri tanpa harus diminta atau disuruh. Sediakan juga tempat pensil khusus untuk dibawa ke sekolah dan tempat pensil lainnya yang berbentuk gelas atau kaleng untuk alat-alat tulis yang ada di rumah. Pastikan Anda membeli berbagai peralatan sekolah hanya di Bina Mandiri Stationery karena cuma kami toko sekaligus supplier yang menyediakan beragam keperluan sekolah dengan lengkap dan murah.

Copyright © 2018-peralatansekolah.id. All rights reserved.